Biografi James Bond

Posted by Biografi | Profil | Biodata Saturday, 22 January 2011 0 comments
Biografi James Bond

James Bond merupakan karakter fiksi yang diciptakan tahun 1953 oleh penulis Inggris bernama Ian Fleming, yang kemudian muncul dalam dua belas novel dan dua koleksi cerita pendek versi original. Karakter ini kemudian digunakan dalam waralaba media film terlaris dan tersukses di seluruh dunia sampai saat ini, dimulai tahun 1962 dalam Dr. No.

Setelah Fleming wafat di tahun 1964, penulisan novel James Bond dilanjutkan oleh Kingsley Amis (sebagai Robert Markham), John Pearson, John Gardner, Raymond Benson, Sebastian Faulks, dan Jeffery Deaver. Selain itu, Christopher Wood menovelisasi dua film menjadi novel, Charlie Higson menulis cerita tentang Young James Bond, dan beberapa penulis lain mendapat kepercayaan untuk mengembangkan cerita James Bond non-resmi.

Bulan Februari 1952, Ian Fleming memulai penulisan James Bond. Saat itu ia sedang menjabat sebagai manajer untuk harian Kemsley, yang merupakan induk perusahaan dari The Daily Express di London. Sebelum menerima tawaran jabatan manajer, Fleming sempat mengajukan salah satu syarat, yaitu dua bulan liburan setahun dalam kontrak kerjanya tersebut. Ketika ia mendapatkan waktu berliburnya tersebut, ia lantas memilih Jamaika, dimana akhirnya ia menemukan inspirasi untuk menulis James Bond. Antara 1953 sampai hari kematiannya di tahun 1964, Fleming telah menulis dan merilis 12 novel dan satu cerita pendek (satunya lagi diterbitkan setelah wafatnya Fleming). Selanjutnya kelanjutan novel James Bond ditulis oleh Kingsley Amis (sebagai Robert Markham), John Gardner, Charlie Higson, Raymond Benson (yang kemudian menjadi orang non-Inggris pertama yang menjadi pengarang novel James Bond -Benson berasal dari AS-), dan Sebastian Faulks. Sementara satu lagi kisah cerita lain, bertitel The Young Bond series dimulai tahun 2005 oleh Charlie Higson.

Bulan Mei 2010, diumumkan bahwa Jeffery Deaver telah mendapatkan izin untuk menulis novel James Bond terbaru, berjudul Project X (judul sementara), yang direncanakan akan diterbitkan dan dirilis pada tanggal 28 Mei 2011. Dengan ini, Deaver menjadi penulis asal AS kedua yang mendapatkan kehormatan untuk menjadi penulis novel James Bond.

Serial film James Bond mampu meraup untung sampai 4 milyar dollar (2 milyar poundsterling, atau sekitar 11 milyar dollar bila dihitung termasuk nilai inflasi) secara keseluruhan di berbagai negara. Film ke-22 yang berjudul Quantum of Solace yang dirilis di AS tanggal 31 Oktober 2008 mampu meraup untung sekitar 161 juta dollar (sekitar 103 juta poundsterling), dan ini menempatkan James Bond sebagai film terlaris di dunia diatas Harry Potter, untuk saat ini.

Biografi James Bond ini diambi dari situs http://id.wikipedia.org/wiki/James_Bond, semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment