Biografi Kang Ibing

Posted by Biografi | Profil | Biodata Friday, 20 August 2010 2 comments
Nama Lengkap: Raden Aang Kusmayatna Kusumadinata
Nama Populer: Kang Ibing

Tanggal Lahir: 20 Juni 1946
Tempat Lahir: Sumedang

Wafat: Bandung, 19 Agustus 2010
Kang Ibing atau yang bernama lengkap Raden Aang Kusmayatna Kusumadinata lahir pada tanggal 20 Juni 1946 di Sumedang. Dia merupakan pelawak Indonesia yang tergabung dengan grup lawak De'Kabayan yang terdiri antara lain Aom Kusman dan Suryana Fatah. Kang Ibing selain sebagai pelawak, Dia juga aktif dalam kesenian Sunda.
Kang Ibing  memiliki Istri bernama Ny. Nieke dan dikarunia 3 (tiga) orang anak masing-masing Kusmadika, Kusmandana dan Diane.
Kariernya di dunia seni berjalan mulus. Kang Ibing sendiri tidak pernah mimpi untuk jadi orang terkenal apalagi bintang film.

Mengawalai karier sebagai Pembawa Acara Obrolan Rineh dalam arti santai secara kocak dan sarat kritik di Radio Mara Bandung. Gaya  bicaranya yang berintonasi khas Sunda melekat dalam diri Kang Ibing yang merupakan nama bekennya.

Ketika masih duduk di Fakultas Sastera Unpad Jurusan Sastra Rusia, Kang Ibing pernah menjabat sebagai Ketua Kesenian Daya Mahasiswa Sunda (DAMAS), Penasihat Departemen Kesenian Unpad dan pernah juga menjadi Asisten Dosen di Fakultas Sastera Unpad.

Tahun 1970 bersama-sama dengan Aom Kusman dan Suryana Fatah membentuk Group Lawak De Kabayan. Pada tahun 1975 untuk pertama kalinya main film Si Kabayan arahan Sutradara Tutty Suprapto. Pilihan Tuty jatuh ke Ibing konon tertarik saat mendengarkan gaya humornya di Radio Mara tersebut. Selain bermain film, Kang Ibing juga memerankan Bintang Iklan dari beberapa produk. Saat ini Kang Ibing lebih dikenal sebagai dai yang lumayan padat juga jadwalnya.

Filmografi

    * Si Kabayan (1975)
    * Ateng The Godfather (1976)
    * Bang Kojak (1977)
    * Si Kabayan dan Gadis Kota (1989)
    * Boss Carmad (1990)
    * Komar Si Glen Kemon Mudik (1990)
    * Warisan Terlarang (1990)
    * Di Sana Senang Di Sini Senang (1990)

Kang Ibing  meninggal dunia, Kamis malam tanggal 19 Agustus 2010, sekitar pukul 20.45 WIB karena mengalami pendarahan akibat terjatuh dari lantai kamar mandi rumahnya. Pukul 20.45 tadi, Kang Ibing dinyatakan meninggal dunia di UGD Rumah Sakit Al Islam,"  ujar  Operator Rumah Sakit Al Islam Abu Agna.
Biografi Kang Ibing ini diambil dari situs wikipedia.org, kapanlagi.com dan era90.blogspot. com . Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih.


2 comments:

Goyang Karawang said...

Inailahi.. semoga kang ibing diterima disisiNya

bookmark dofollow said...

moga amal ibadahnya diterima Allah Swt

Post a Comment